Review Kuliner Balikpapan dan Resep Coto Makasar Andalan Keluarga

Review Kuliner Balikpapan dan Resep Coto Makasar Andalan Keluarga
Coto Makasar Balikpapan
Di Balikpapan kuliner Coto Makasar terbilang lumayan banyak. Mungkin karena banyak warga Sulawesi yang tinggal disini. Tapi selain warga Sulawesi atau Makasar, ternyata kuliner Coto Makasar ini juga banyak dinikmati warga suku lain, contohnya saya yang asli Jawa Timur beneran Crazy In Love sama Coto Makasar.
Hampir tiap mendapatkan info Coto Makasar baru buka pasti saya datangi. Cuma sayangnya nggak semua sesuai dengan lidah saya.
Review Coto Makasar Balikpapan
Di Balikpapan Barat khususnya di Kebun sayur, saya punya 1 langganan Coto Makasar yang terbilang enak banget. Per porsi harganya Rp 25.000. Tempatnya pas di pojokan lapangan poni, yang dekat pertigaan menuju gunung 4 dan asrama bukit. Bukanya habis Magrib sampai jam 9 an malam biasanya sudah habis.

Rasanya sangat pas di lidah saya. Kekentalan sangat pas, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Ketupatnya free mau makan berapa aja juga boleh. Tapi kalau saya paling banyak kalau pas laper banget paling banyak 2 pcs.

Resep Coto Makasar Andalan Keluarga

Nah kalau pas mau masak-masak sendiri di rumah, saya sertakan resep Coto Makasar ala Mamak mertua yang asli orang Banjar wkwkw so far aman di lidah, bisa dipakai pas arisan keluarga ataupun pengajian di rumah. Cocok dengan suasana yang dingin-dingin begini.

Bahan Coto Makasar
- Daging sapi 500 gram
- Jerohan daging sapi (hati, babat, paru, limpa, usus) lebih enak kalau semua jerohan lengkap tersedia.
- semua daging dan jerohan jangan dipotong. Dipotongnya pada saat mau penyajian.
- kacang 500 gram. Kacang disangrai, lalu dibuang kulitnya dam terakhir dihaluskan.
- Air cucian beras secukupnya (cucian kedua ya )
 - Susu cair, saya pakai 1/2 kaleng bear brand.

BUMBU HALUS:
- Bawang putih
 - Bawang merah
- Kemiri
- Ketumbar
- Merica
- Jintan
-Taoco

- Serai digeprak
- Lengkuas  di geprak

Bahan PELENGKAP:
- Daun bawang  potong kecil-kecil
 - Bawang putih goreng
- Bawang merah goreng
- Jeruk nipis
 -Sambal
- Ketupat sebagai pengganti nasi.

Cara Memasak
- Rebus air, setelah mendidih masukan jerohan dan daging . Kira -kira 2 menit, aduk rata, lalu buang air rebusan tadi. Cuci bersih daging dan jerohan sampai  semua darah dan kotorannya hilang.
Rebus daging dan jerohan.
- Rebus air setengah panci, lalu setelah mendidih masukan daging dan jerohan, tak lupa tambahkan garam untuk menambah cita rasa.
- Tumis bumbu halus berikut yang digeprek tadi setelah bumbu matang dan tercium aroma harum masukan ke bumbu dalam panci rebusan daging.
- Setelah daging empuk, masukan kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan, air cucian beras bersih dan susu cair.
- Koreksi Rasa, tambahkan kaldu penyedap, gula, garam.
- Potong-potong daging serta jerohan, susun di mangkok penyajian. Tambahkan daun bawang serta bawang goreng. Siram dengan kuah, sajikan.

41 comments

  1. Saya yang di Jawa Barat juga suka sama coto Makasar sih, rasanya enak. Tapi sayangnya penjual coto makasar jarang ditemukan. Pernah makan pun waktu di Jakarta hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali ya jarang ada di Bandung. Berarti disuruh masak sendiri nih, hehehe

      Delete
  2. Yuhuuuu kayaknya enak banget nih resep sotonya. Lebih enak sih kalo ada yang masakin alias tinggal makan. Emmmm pasti Yummyyyyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaha iyes, tinggal makan emang enak. Saiya saja juga males masak nya kecuali pas ada acara dirumah, itupun dibikinin bumbu dan ketupatnya saya tinggal rebus-rebus saja

      Delete
    2. hihi sama. makanya sukanya beli di kedai yg jual coto makassar. suka dikasih tebak2nya...daging coto makassar pakai daging apa? jawabannya daging capi

      Delete
    3. Selain daging capi ada juga coto makasar pakai daging kuda mbak, sama sama enaknya

      Delete
  3. Dengan kuah kuning dan ketupat, kayaknya pas dijadikan menu buat lebaran sebagai pengganti opor ayam. Boleh dicoba nih resep Coto nya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang menu lebaran kalau disini, apalagi kalau pas idul adha dimana-mana menunya coto makasar hehehe

      Delete
  4. Pengen banget ke makassar trus nyicipin kuliner andalan yang satu itu. Kata orang sih enak banget huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk agendakan kapan ke makasar. Bangets mumpung masih sehat dan muda ya harus cicipin ini kuliner wkwkwk, nanti kalau sudah mulai berumur, harus diet demi kesehatan bakalan nggak berani lirik pasti, kuah kacang plus daging dan jerohan wkwkw padahal nikmat banget aslinya

      Delete
  5. Terlambat saya bacanya...2 tahun lalu ke pasar kebun sayur balik papan..cuman beli kain dan oleh2 ga sempat nyicipin kulinernya... tapi jadi ada alasan balik lagi ke balik papan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuliner kebun sayur buanyak bangets, mulai kopi legend (nam min) pisang gapit bahari, haur gading, coto makasar sampai bakso. Saya yang sehari-hari jualan di kebun sayur nggak bisa diet sedikitpun wkwkw

      Delete
  6. Jadi inget waktu masih tinggal di Balikpapan, memang benar Coto Makassar memang paling banyak ditemukan di kota itu. Rasanya pun Endes banget alias enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah tinggal di Balikpapan? Tinggal dimana dulu (ha ha kepo nya kumat) btw semoga kapan-kapan bisa ke balikpapan lagi dan bisa kulineran lagi hehehe

      Delete
  7. Aih aku dari dulu penasaran sama Coto Makassar tapi belum pernah kesampaian buat mencoba. Duh itu warung cotonya buka sebentar aja laris manis ya. Mana harga perporsi hanya 25 ribu ditambah ketupatnya gratis mau makan berapapun. Asyiknya. Eh ada resep coto makassarnya juga di artikel ini. Makasih mba, aku catet dulu di kertas. Siapa tahu nanti tergerak untuk bikin sendiri ehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak pernah mau beli buat buka puasa ditolak huhuhu sakit hatiku. Jadilah sholat magrib dulu buka dengan air putih, habis itu baru kesana

      Delete
  8. Wah...jadi pengen nih Coto Makassar. Melipir ah di jalan Riau, Bandung. Ada Sop Konronya juga...Tapi, bikin sendiri kayaknya boleh juga nih. Nyontek resepnya yah. Sayang, engga ada burasnya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss mbak mumpung cuaca bersahabat dengan yang panas-panas gini, lah kok saya jadi yang laper juga 🤣🤣

      Delete
  9. Maknyusnyaaa ... thanks Mbak resepnya. Kalau di Balikpapan, saya suka banget sama Coto Makasarnya Depot Slamet. Sejak saya kecil tuh jadi langganan. Kuahnya gurih banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baru tahu nih, dimana alamatnya mbak annisa

      Delete
  10. Wah jadi pengen nyobain Coto Makassar ala Banjar pasti seger ya... btw main ke destinasi wisata dan.kuliner ke Kalimantan impian Sy lho kak..semoga bisa terwujud..itu gambar mknan nya bikin ngiler kak jadi laper hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semoga cepat terwujud dalam waktu dekat, kalau pas main ke kaltim kabar-kabar yah

      Delete
  11. Coto memang enak banget kak, wah terima kasih kak dikasih resepnya, biar aku coba buat akhh.walau baru mau belajar masak wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kak, kalau saya biasa bumbu sudah dibikinin mama mertua, trus tinggal rebus rebus aja wkwkwk

      Delete
  12. wah ketupatnya free, hihihi... cocok ini buat yang makannya banyak.
    Boleh juga nih di coba resepnya, dan saya baru tahu kalau pakai air cucian beras juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ciri khasnya gitu sih kak, cucian beras yang ketiga harusnya aman ya hehehe

      Delete
  13. Itu coto-nya plek ketiplek seperti coto makassar dari provinsi asalnya gak mba? Atau yg coto Balikpapan itu ada sedikit beda, misalnya ditambahin apa, atau teknik memasaknya sedikit bedaaa gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah karena saya belum pernah ke makasar jadi nggak bisa menjelaskan mbak. Tapi sepertinya yang coto makasar H kasim (klandasan) lebih kental kuah kacangnya kental betul jadinya saya malah eneg, yang di bunsay ini agak encer tapi mangkok besar

      Delete
  14. Dulu waktu masih tinggal di Ternate, cukup sering bikin cotto makassar. Saya doyan banget kuahnya yang gurih dari kacang tanah yang dihaluskan itu. Pakai susu juga,Mbak? Variasi resep ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya nggak pakai susu ya mbak? Wkwkwk enak sih kalau pakai susu, dikit aja sih variasinya. Kebiasaan nih kalau bikin soto banjar pakai susu soalnya biar tambah kental gimana gitu

      Delete
  15. Coto makasar emang enak sih. Aku di sby juga ada satu warung makan coto yang luamayan rekomended kak.. Tapi klo bikin sendiri sih wadaaww nyerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kalau makan sendiri/berdua boleh beli, tapi kalau pas keluarga besar ngumpul kurang puas makannya hehehehe

      Delete
  16. coto Makassar nampaknya sudah menyebar ke seluruh penjuru nusantara. makanan ini mudah ditemui di berbagai daerah. saya sangat suka, terutama bila menyantapnya pas malam hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul rempah-rempah di dalam coto makasar itu beneran bisa menghangatkan perut, wah iya -iya seiring suku bugis sudah tersebar di nusantara.

      Delete
  17. coto makassar emg favorit dh. enak banget!

    ReplyDelete
  18. Kesukaanku tuh Coto makasar. Dan ternyata ada juga yaa sajiannya dikota Balikpapan. Mantap deh mbak ulasannya.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di Balikpapan buanyak bangets kedai yang jualan coto makasar, bahkan di wilayah klandasan itu sepanjang pantainya 70 % jualannya coto makasar

      Delete
  19. Belum pernah tahu rasanya coto makasar. Sekalinya ke kalimantan cuma nyoba soto banjar. Semoga nanti bisa icip soto makasar di makasarnya sendiri. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto banjar sarapan pagi & coto makasar makan malam. 2 - 2 nya wajib dicoba kalau ke balikpapan kakak hehehehe

      Delete
  20. Saved dulu. Kalau sendiri mah mending beli aja di food court. Cuma 30rb udah lengkap sama nasi. Hehehehe... Nnti kalau udah bekeluarga baru deh masak sendiri. 🤭

    ReplyDelete