Ulang Tahun, Bahagia & syukurku



Alhamdulillah, syukurku pada Allah sudah diberi umur panjang hingga detik ini menginjak usia yang ke tiga puluh lima.

Terima kasih pada suamiku tersayang yang 3 tahun belakangan ini agak melunak.

Jadi 7 tahun yang lalu kemana aja? Nothing. Ulang tahun berlalu begitu saja. Tanpa ucapan, tanpa kecupan manja, tanpa doa dari suami.

Setahun pertama menikah tentu shock. Merasa tak diperhatikan ada. Nangis juga sempat. Hahaha mellow abis. Dan suami dengan seribu satu argument menentang perayaan ulang tahun. Haram is haram nggak boleh ditawar.

Tapi karena aku orangnya super sabar hal buruk aku balas dengan kebaikan dong. Di hari ulang tahunnya tetap tuh aku sediakan nasi tumpeng, kue kecil, kado dll. Meski sambil lalu aku lihat dia bahagia.

Meski sedih aku nggak mau berlarut-larut. Aku nggak mau menentang kemauan suami. Dosa. Tapi aku juga nggak mau kehilangan rasa syukurku.

Ulang tahun adalah titik refleksi kembali ke nol. Titik dimana aku benar-benar merasa bersyukur dilahirkan didunia ini sama ibuku. Jadi kadang aku membuat syukuran kecil-kecilan di rumah ibu. Kecil tapi membahagiakan saat kamu berkumpul bersama keluarga.

Sementara urusan suami, aku menyerah kalah. Ya sudahlah. Ditahun kelima pernikahan aku sudah tidak menyiapkan apapun dihari ulang tahunnya, seperti kemauannya. Pura-pura nggak ingat, nggak nyiapin kado apapun itu. Cuex is the best. Ini bukan balas dendam tapi menjadi istri yang taat adalah yang terbaik.

Tahun demi tahun berlalu, hingga tepat 3 tahun yang lalu suami membelikan kue tart, lengkap dengan lilin buat make a wish dihari ulang tahunku. Aku melongo dong dikasih surprise gini. Dibawa ketoko siang bolong lagi, banyak orang, kan malu ketahuan umurnya tambah tua 🤣🤣🤣.

Tapi inilah hidup. Kita tidak pernah tahu bagaimana prinsip orang bisa berubah. Aku juga tidak pernah merengek meminta hadiah di hari ulang tahunku. Aku membebaskan diriku untuk shopping apapun yang aku mau dihari itu (sengaja juga nabung jauh-jauh hari.)Jadi nggak ada alasan aku menginginkan sesuatu dihari itu.

Dan buat kamu yang masih kontra terhadap ulang tahun, sekeras-kerasnya hati kamu. Kamu akan tetep bahagia kalau ada orang yang mengingat kamu bukan? Mendoakan kebaikan buat mu dihari lahirmu. Setidaknya ucapkan syukur sama yang memberi hidup sudah diberi nafas hingga sekarang. Ucapkan terimakasih sama ibunda yang sudah bersusah payah melahirkan kamu sekian puluh tahun silam.

No comments